Senin, 01 Desember 2008

ASAM LAKTAT DAN APLIKASINYA PRODUCTS OF PRIMARY METABOLISM

PRODUK DARI METABOLISM PRIMER
1. Pendahuluan
Contoh makanan fermentasi dari susu, sayuran, sereal dan daging juga pengawetan bahan bahan tertentu.

2. Industri Fermentasi Asam Laktat Secara Biologi dan Biokimia
Ada 2 jenis bakteri asam laktat yaitu homofermentatif dan heterofermentatif. Bakteri heterofermentatif dilibatkan dalam sebagian besar tipe fermentasi untuk makanan atau pemberian makanan hewan. Bakteri homofermentatif adalah penghasil industri asam laktat. Bakteri asam laktat, mampu untuk memproduksi asam sebagai produk metabolik yang lebih sensitif terhadap asam. Bakteri asam laktat sebagian besar kelompok dari gram positif, katalis-negatif, tangkai tidak berongga dan cocci. Pada umumnya, bakteri asam laktat menggunakan sumber karbon utama untuk pertumbuhan dan produksi asam.

3. Rantai Produksi & Produksi Secara Industrial
Pilihan organisme dapat diterapkan dan dipilih untuk produktivitas yang lebih tinggi, hal ini tergantung pada bahan mentahnya. Sintesis kimia dan produksi fermentatif asam laktat harus tercakup dengan masalah pemurnian untuk mendapat kualitas yang dibutuhkan untuk menemui standar.

4. Bahan Mentah
Berbagai macam material mono dan disakarida yang digunakan untuk pabrik asam laktat adalah glukosa, maltosa, sukrosa dan laktosa.

5. Proses Fermentasi
a. Proses Kalsium Laktat Klasik
Bahan mentah gula (glukosa dan sukrosa) dibuat pada konsentrasi gula 120 hingga 180 g/L. Penerapan konsentrasi gula yang lebih tinggi (260 g/L) akan dapat dikerjakan dengan mudah dalam fermentasi dengan dosis CaO tertentu untuk menyesuaikan pH hingga 6,3.

b. Prosedur Pemurnian dan Recovery
Kemurniaan tergantung pada penggunaan bahan mentah. Kemurnian lebih jauh dicapai dengan melalui larutan pengganti ion dan diperlakukan dengan hidrogen peroksida atau potasium permanganate. Metode lain dari pemurnian asam laktat adalah dengan menggunakan esterifikasi dengan metanol dan distilasi dengan ester.

6. Variasi Proses
a. Proses Amonium Laktat
Ammonium laktat terbentuk jika direaksikan dengan alkohol untuk menghasilkan ester. Metanol dan metal asetat yang tidak bereaksi dipisahkan dalam sebuah kolom rektifikasi dan metil laktat direaksikan dengan air untuk menghasilkan asam laktat murni. Hasil asam laktat dari keseluruhan proses sebesar 95% dimana 90 % didasarkan pada input gula.

7. Organisme Lain Selain Bakteri Asam Laktat
Sporolactobasillus inulinus dan Bacillus coagulans merupakan organisme lain penghasil asam laktat.

Tidak ada komentar: